love

Sunday, July 7, 2019

3 Cerita Motivasi Hidup untuk Selalu Bersyukur


Banyak yang bilang bahwa kita harus selalu bersyukur setiap waktu. Namun, kenyataannya terkadang kita tidak mensyukuri segala hal yang dimiliki dan cenderung menyalahkan hidup. Beberapa cerita motivasi hidup berikut ini akan mengingatkan kita untuk selalu bersyukur dalam keadaan apa pun.


  1. Cerita Motivasi Hidup Seorang Difabel
    Maya lahir sebagai seorang yang difabel. Ia harus menggunakan kursi roda karena kedua kakinya cacat sejak lahir. Namun, semangat hidupnya tak pernah padam. Ia bahkan mampu menjalankan usaha florist yang cukup sukses di Jakarta. Seseorang pernah bertanya kepadanya, “Apakah kamu tidak merasa malu atau kesal dengan keadaanmu sekarang?” Maya tidak marah mendengar pertanyaan tersebut. Ia malah menjawab sambil tersenyum, “Hidupku berharga di mata Tuhan. Bunga Bakung di taman saja diberi keindahan oleh-Nya, tentu saja Tuhan lebih mengasihiku dibanding Bunga Bakung tersebut, bukan? Jika Tuhan saja mengasihiku, bagaimana bisa aku tidak mengasihi diriku sendiri?”
  2. Cerita Motivasi Hidup Seorang Istri Setia
    Cerita motivasi hidup ini datang dari seorang istri cantik yang solehah, Dara. Di usianya yang sudah kepala 3, ia tetap nampak seperti gadis berusia 20-an. Jika ingin mencari suami yang lebih kaya, ia pasti bisa. Saat suaminya pergi merantau ke luar pulau untuk mencari nafkah, Dara tetap setia. Hidupnya bukan tanpa godaan. Para pejabat kaya di kampung banyak yang merayunya. Bahkan, ada yang tak segan menawarinya untuk jadi istri simpanan dengan jaminan kebutuhan lahir batinnya akan terpenuhi. Ibunya pun pernah bertanya, “Ra, mumpung masih muda, apa kau tidak ingin cerai dan menikah lagi dengan pria yang lebih mapan?” Dara menjawab, “Pria mapan dan kaya banyak, Bu. Tapi pria yang bisa menjadi imam yang baik, setia, dan cinta keluarga seperti Mas Pras itu tak banyak. Aku bersyukur bisa dicintai dan mencintai Mas Pras, Bu.”
  3. Cerita Motivasi Hidup Seorang Ibu
    “Bu, wajarkah jika aku ingin seperti teman-temanku? Punya uang banyak, naik mobil ke mana-mana, dan bisa berlibur ke luar negeri setiap tahun.” kata Atik pada suatu sore. Ibunya terperangah mendengar pertanyaan polos putrinya. “Wajar saja, Tik. Tapi coba kamu lihat langit itu. Apakah indah?” tanya ibu sambil menunjuk langit sore yang nampak indah dengan gradasi warna jingga dan merah. “Tentu saja indah, Bu,” jawab Atik. “Nah, jika Atik memandang terus ke langit untuk mengaguminya, Atik pasti tidak tahu bahwa di depan ada jalanan yang berlubang. Karena terus melihat ke atas, Atik bisa jatuh terjerembab ke lubang itu.” Atik bertanya, “Maksudnya apa, Bu?” “Langit memang indah, tapi Atik tetap harus berjalan sambil melihat ke bawah untuk menghindari lubang dan lumpur di jalan. Sama dengan kehidupan, jika kita terus melihat orang-orang yang lebih beruntung dari kita, maka kita bisa jatuh terjerembab. Oleh karena itu, berjalanlah sambil melihat ke bawah karena di bawah kita masih banyak orang yang tidak lebih beruntung dari kita.”
Kehidupan memang sering kali membuat kita lupa atau tidak sempat untuk bersyukur. Bersyukurlah atas segala yang kita miliki hingga saat ini. Baik itu adalah kehidupan, raga, keluarga, harta, dan hal lainnya yang ada pada diri kita. Semoga cerita motivasi hidup di atas dapat mengajari kita untuk tak henti bersyukur.

No comments:

Post a Comment